Dipasang CCTV, Diskominfo Jatim Klaim Tak Ada Warga Buang Popok


Pemasangan CCTV secara masif di sejumlah titik jembatan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur guna mencegah pembuangan popok ke sungai ternyata berbuah manis. Dalam pantauan rekaman CCTV yang terpasang di Jembatan Karang Pilang pada bulan Februari lalu, hingga kini terbukti tidak terekam masyarakat yang membuang sampah popok ke sungai.

Kepala Dinas Kominfo Jawa Timur Ardo Sahak, Sabtu (22/6/2019), mengatakan tim Diskominfo terus melakukan pemantauan CCTV Jembatan Karang Pilang yang tersambung dengan Diskominfo.

“Ternyata upaya Ibu Gubernur mencegah pembuangan popok bayi ke sungai lewat CCTV cukup berhasil. Karena setiap hari kita minta diputar ulang rekaman tidak ada masyarakat yang tertangkap kamera sedang membuang sampah popok maupun sampah biasa ke sungai,” kata Ardo.

Padahal sebelum dipasangi CCTV titik tersebut kerap dijadikan tempat untuk melepar sampah ke sungai, terutama adalah sampah popok bayi.

Tidak hanya itu, tim Pemprov juga secara berkala melakukan pengecekan di lapangan terkait adakah sampah popok di sepanjang sungai Karang Pilang.

Dengan kekhawatiran masyarakat membuang popok dari titik selain jembatan.

“Setelah dicek teman teman juga sudah tidak ada. Ini artinya masyarakat sudah mulai terbangun awarness untuk peduli lingkungan sungai,” ucap Ardo.

“Warga tak berani lagi membuang popok ke sungai. Dengan trigger (pemicu) nya adalah pemasangan CCTV,” lanjutnya.

Sebagaimana diatur oleh Pemprov Jawa Timur, dengan pemasanhan CCTV di jembatan Karang Pilang, warga yang tertangkap kamera membuang popok ke sungai akan diviralkan lewat media sosial dan akan diberikan sanksi yang kini sedang disusun oleh Pemprov Jawa Timur.

Saat ini di Jembatan Karang Pilang terpasang sebanyak tujuh kamera CCTV.

Di atas jembatan maupun di bawah jembatan, sehingga bisa memberikan tangkapan gambar yang jelas pada orang yang membuang maupun barang yang dibuang ke sungai.

Lebih lanjut Ardo menegaskan bahwa pihaknya masih belum merencanakan untuk menambah CCTV untuk pemasangan di titik lain.

“Karena kita bekerjasama dengan Jasa Tirta. Kalau Karang Pilang, jembatannya itu memang kewenangan kita (Pemprov Jatim),” tegas Ardo.

Sumber : https://surabaya.tribunnews.com

Info CCTV

berita cctv surabayacctv surabayapasang cctvpemasangan cctv

Comments are disabled.